Minggu, 18 Maret 2012

Romantika Sepeda Antik


NOSTALGIA SEPEDA ANTIK (wolak-walik ing jaman)

Pada jaman dahoeloe kala tahoen 1920-1950 orang naik sepeda kebo itu ibaratnya orang naik mobil mengingat harga sepeda jaman tahoen-tahoen itu harganya masih mahal. Misal harga se unit sepeda Gazzele dan simplex mungkin setara dengan harga 2-3 ekor sapi. Maka hanya para bangsawan dan pejabat/orang kaya/orang belanda saja jang punya sepeda kebo/naik fiets.Sedangkan kita rakyat pribumi hanya jalan kaki saja. Terkadang jalan kakipun juga ndak memakai alas ataupun sepatu.
Lalu tahun 50-60an Zaman mulai berubah Ibaratnya bangsa ini yang bebas dari penjajahan belanda dan jepang. Sudah ada sedikit kemakmuran bagi bangsa ini sehingga sepeda (Fiets Kebo) yang amatlah banyak di miliki oleh rakyat indonesia terutama untuk transportasi orang kota. Rata-rata rakyat kebanyakan melirik sepeda kebo yang harganya masih isa dijangkau oleh rakyat misal:Sepeda Philips,Raleigh yang tipe generik (non Persneling). The Mister,Hercules dll. Dan jikalu sepeda Simplex,gazzele, sunbeam, humber dll masih cukup mahal harganya terutama yang difasilitasi dengan kelengkapan perseneling, sadel lepper touring yang berpegas ganda lebih empuk sehingga hanya orang kaya dan bangsawan yang mampu membelinya. Zaman ini adalah zamannya keemasan bengkel sepeda!karena banyak mendapatkan hasil atas jasa reparasi sepedanya!
Lalu jaman taoen 65-70 an: Munculnya Vespa,mewabahnya sepeda motor buatan jepang (C70,S90Z,CB100,RX dll) yang banyak dipakai oleh warga kota sehingga populasi sepeda kebo mulai tergeser ke belakang, terlebih lagi dengan munculnya sepeda jengki yang lebih fresh warnanya (warna ngejreng), ringan-ringkas-enteng agak pendek sehingga cocok dipake oleh rakyat indonesia yang berpostur lebih kecil, sehingga cukup merebut pasaran saat itu.
Jaman tahun 75-85 an. Populasi sepeda kebo miris saat itu. Banyak yang dijual ke desa untuk transportasi orang desa, dan mengangkut gabah,rumput,kayu,beras dll. Saat itu banyak pit kebo yang sudah tak terawat lagi. Banyak yang sudah tidak lengkap dan rusak parah. Identitas dan merknya sudah pada hilang. Sehingga sulit dibedakan sepeda mahal misal: Simplex, raleigh dan sepeda yang lebih murah misal buatan cina/jepang dll.
Jaman tahun 86-92. tahun ini banyak sepeda kebo/antik yang tidak terpakai lagi, orang desa pun juga sudah pada malas make pit kebo untuk ke sawah. Karena biasanya lebih suka naik motor yang dirasa lebih praktis/modern dan ndak lelah dengan mengkayuh pedal sepeda antik yang berat. Ibaratnya banyak sepeda kebo yang pada ndongkrok di kandang kebo heheheeh. Dibiarkan apa seadanya dan ada yang digantung begitu saja di rumah belakang. Yang paling miris adalah banyak sepeda kebo antik yang dijual kiloan ke tukang rosok/besi tua dan sampai di pengepul besi tua lalu dalangan/frame tersebut dipotong-potong lalu dikirim ke pabrik cor logam dan di daur ulang lagi mjd besi beton/kerangka sepeda motor di pabrik pengecoran logam...mulai banyak punah komunitas sepeda antik bersejarah tersebut!! . Yang laku dan booming saat itu adalah sepeda BMX yg dipake anak kecil, Federal yang digandrungi oleh anak muda. Sedangkan sepeda kerbau masih belum dilirik juga huhuhu. Walupun dikota atau daerah jalanan yg bermedan datar-datar (Yogya/kudus dll) masih ada sepeda antik yang dipakai harian oleh masyarakat lapisan bawah terutama orang tua-tua saja. Kalu anak muda sudah jarang yang naik sepeda tua. Zaman tahun ini bengkel sepeda onthel kagak begitu laku jasa servisnya.
Jaman tahun 93-2000. Berawal mula dari daerah Yogya (kampung panembahan) tahun 93 (salam buat onthelis Yogya) yang mjd tonggak kekreatifan anak muda Yogya. Yang dengan cara yang unik mulai menghidupkan kerangka2/dalangan sepeda ontel tersebut. Dan dipakai keliling kota. Pada awalnya sih banyak masyarakat kota yang menertawakan karena dianggap ketinggalan jaman tapi disinilah letak keantikannya heheheh. Mungkin karena aneh,unik dan nyentrik, lalu mulai bermunculan-munculan sepeda antik lagi........tapi saat itu harga sepeda Ontel sepeda antik masih murah dan tidak semahal sekarang ini. Saat itu mulai banyak perburuan sepeda antik di lakukan oleh para hunter. Daerah desa pun mulai dirambah oleh para Hunter untuk berusaha mendapatkan sepeda antik dengan harga yang lebih murah. Tetapi yang didapatkan adalah sepeda dengan kondisi yang sudah tidak lengkap/rusak

Jaman tahun 2001-sekarang. Mulai menjamur klub sepeda antik di kota-kota besar lainnya. Banyak blantik-blantik sepeda yang meraup keuntungan yang banyak dengan berburu sepeda antik yang murah lalu menjualnya dengan harga yang mahal. Terkadang harga sepeda antik mjd tidak realistis ada yang terlalu murah ada juga yang terlalu mahal.Terutama sepeda Simplex dan gazelle. Banyak pemain pemula sepeda antik yang tertipu! Ada juga sepeda antik yang banyak di jual ke luar pulau dan luar negeri: sayang sekali hal ini terjadi! Sepeda antik di jawa banyak yang telah berkurang!
Munculnya trend sepeda Fixie yang menjamur.
Di kota-kota besar ( Semarang Kota )muncul car free day yang diharuskan memakai sepeda. Saat ini masih ada para penggemar sepeda antik di kota besar yang berburu ke sepeda sampai ke pelosok desa-desa, tetapi di daerah desapun juga sudah sulit didapatkan sepeda antik jikalu adapun seringnya sepeda kebo tahun muda misal phoenix/seagull/buatan india/jepang saja. Jikalu ada sepeda antik biasanya kondisinya juga mangkrak di kandang kebo hahahah tapi sepeda itu jika mau dibeli oleh orang kota maka orang desa/warga daerah tersebut berkata: sepeda kebo ini tidaklah dijual/eman eman dijual karena mengingat jasa-jasanya pd jaman dahoeloe,karena sepeda tersebut digunakan berladang-mencari kayu-mengangkut gabah,mencari nafkah dll. Walupun sekarang yang dipake ke ladang-sawah adalah yamaha Mio/motor baru heheheh. Bukan sepeda kebo lagi. Ibarat jaman sekarang banyak juga orang desa/daerah yang mengerti jikalu sepeda kebo itu pada akhirnya akan berharga semakin mahal ! inilah WoLAK WALIKING JAMAN!.....****Dari Kota sepeda dijual ke Desa,Dari Desa dicari dan telah kembali ke kota lagi hehhehehe.....





ANEKA MEREK SEPEDA ANTIK DAN CIRI-CIRINYA

Dibawah ini disebutkan aneka merk sepeda antik dan asalnya dari negara mana saja,dengan sedikit penjelasannya. Tapi disini hanya disebutkan aneka merek sepeda antik yg menurut pengetahuan penulis mengerti, jikalu ada nama merek sepeda antik yang terlewat dan penjelasan data yg salah saya mohon maaf sebesar-besarnya....mengingat saya baru saja belajar onthel antik.
Belajar sepeda antik itu kalu menurut penulis mirip belajar wesi aji (menangguh Pusaka keris,tombak dll ) perlu diamati bentuknya (untuk mengetahui nama mereknya/asalnya,identitas nomer rangka untuk mengetahui tahun pembuatan,diraba-diketuk2 framenya, dan diliat struktur besi/baja dalangannya. Jikalu ada sepeda keluaran jaman tua/antik itu akanlah beda jenis struktur kandungan warna struktur logamnya dibandingkan dengan sepeda antik keluaran muda.......
Yang paling enak jikalu kita menemukan sepeda antik dengan kondisi masih dalam ukuran standard orisinal maka kita akan dengan cepat mengidentifikasinya. Karena diliat dari merek setang, logo plat merek,bentuk gear/piringannya maka kita akan cepat memahami nama/merek sepedanya. Tapi jikalu kita menemukan hanya berupa dalangan/frame saja dengan kondisi tidak lengkap,banyak karat,nomor rangka tertutup karat. Tanpa setang,fork,gear,selebor, wah hanya orang yang ahli yang isa mengerti.........maka para pemula onthelist di harap untuk berguru pada orang yang lebih mengerti, terutama jikalu hendak menggeluti dunia onthel antik ini, demikian saran dari penulis.

**Merek sepeda dari negara Belanda: adel,amstel,batavus,rijwiel mountain,burco,DCR,teha,hima,liar,durabo,empo,folkers,fongers,jet fighter,gazzele,hartog,veeno,valuas,rapid,nederlanden kroon,wilhelmina,gruno,joco,Phoenix belanda, junker,locomotif,lohman,magnet,mustang,pelican,PON,rubi,schwager,simplex,zamrud,solex,kaptein,sparta,thiadens,transvalia,uni mechelen.dll.
*Beberapa ciri khasnya sepeda belanda adalah:bentuk sudut batangan konstruksi frame di bawah sadel pengendaranya bisa diamati, jikalu sudut frame sepeda belanda bentuknya lebih rebahan ke belakang dibandingkan dengan sepeda dari negara England/Inggris....Dan sudut rake di fork roda depan terliat lebih menjulur maju ke depan, sehingga posisi pengendaranya akan terasa lebih nyantai-nyaman dikendarai (Bhasa jawa:lebih angler tumpakane),tapi kalu urusan kecepatan tinggi/balap akan lebih nyaman naik sepeda Model England hal ini dikarenakan posisi sudut rangka bawah sadel sepeda England pengendaranya lebih tegak dan juga rake/sudut komsteer di roda depan lebih tegak(tak menjorok ke depan) sehingga akan lebih cepat dalam melahap tikungan-tikungan di sirkuit balap sepeda di jaman dahoeloe. Cobalah rasakan bedanya’antara naik sepeda Gazzele dan Raleigh,untuk speed jelaslah lebih kencang sepeda raleigh Notingham. Selain itu setang sepeda Raleigh lebih lurus dan sdk panjang sehingga akan lebih enteng ngepleknya/balapnya di sirkuit balap.
‘Sepeda buatan belanda jikalu diamati sepertinya mempunyai ketebalan pipa rangka yang lebih tebal dibandingkan dengan sepeda England sehingga akan terasa lebih berat jikalu dijinjing.

*Bentuk braket sambungan antar pipa di komsteer sepeda buatan belanda biasanya berbentuk lurus-dan datar saja, seperti bentuk braket sepeda gazzele,simplex di bawah ini.
.
*Bentuk selebornya sepeda buatan Belanda lebih tipis atau gepeng (misal selebor sepeda gazzele/simplex) dibandingkan dengan sepeda dari negara lainnya. Kalau diamati bentuk selebor sepeda buatan England/Cina berbentuk tebal’mirip seperti bentuk setengah lingkaran bulat. selebor spda simplex selebor spda Raleigh
england yang tebal.


**Merek sepeda dari negara England/Inggris:rudge,raleigh Notingham,humber,philips,bsa,fosters,hudson,jagger,corolla,norton,eastren,holper,enliven,nampor,sunbeam,lucas,fiscal,ray,mulder,batalion,royal enfield,hercules,speed,panther,triumph,president.dll.
*Sepeda dari negara England/Inggris rata-rata mempunyai ciri khas bentuk braket/sambungan antar pipa yang mempunyai coakan setengah lingkaran. Dan bentuk frame di bawah sadel pengendaranya terliat lebih tegak dibandingkan dengan sepeda yang buatan dari negara Belanda. Rata-rata ketebalan pipanya lebih sedikit tipis dibandingkan dengan sepeda dari buatan negara Belanda,bahkan jikalu diketuk dengan jaripun suaranya beda. Maka sepeda buatan England biasanya lebih enteng di jinjing. Untuk segi kenyamannya memang kalah dengan sepeda dari negara buatan Belanda yang lebih nyantai.
*Contoh sepeda england yang enteng:sepeda BSA jenis paratrooper yang digunakan untuk PD2 melawan jerman. Sepeda tersebut isa dilipat-lipat dan dijinjing sambil terjun payung bersama tentara inggris.

**Merek sepeda dari negara jepang/japan:Mister,Miyata,royal deluxe,vanco,irc,rollis,radian,asia bike,rabbit,silk,yamaguchi,zebra,strong japan,policy,zebra,tokyo,fuji,marve,club,lyra,shimano,kris/super kris,bridgestone.dll.
*Bentuk frame sepeda jepang amatlah bervariasi, ada yang mirip sepeda-sepeda keluaran dari Negara belanda,England ataupun dari negara lainya juga. Hal ini dikarenakan karena pada jaman dahulu negara jepang hanya membuat sepeda onthel dengan pedoman-pedoman mengikut dari sepeda yang sudah ada di pasaran saja. Seperti kasus –kasusnya pada Zaman dahulu bahwasanya banyak sepeda motor dari negara Inggris (spt BSA Golden Flash twin),jerman (DKW Union,BMW R75) yang dijiplak oleh negara jepang dengan bentuk yang mirip sekali. Bahkan sepeda Raleigh Jepangpun juga ada, dengan bentuk mirip dengan Raleigh Notingham dari England. Bentuk braket sambungan atar pipa rangka sepeda jepang rata-rata bentuknya ada kembangnya (misal sepeda onthel The Mister). Ketebalan rangka sepeda jepangpun lebih tebal jikalu dibandingkan dengan sepeda buatan England. Ketebalan kerangka sepeda buatan jepang biasanya hampir sama dengan ketebalan sepeda antik dari negara belanda, bahkan ada juga tipe sepeda antik jepang yang lebih tebal lagi. Bahkan penulis pernah menemukan sepeda buatan jepang dengan ketebalan rangka yang sangat tebal, dibandingkan dengan sepeda buatan England/Belanda dan negara-negara lainnya. Bentuknya pun mirip dengan konstruksi sepeda Gazelle

**Merek sepeda dari india: hero,meghdoot,grand champion,ralson.dll.
Rata-rata bentuk frame sepeda buatan India mirip dengan sepeda buatan England secara keseluruhan, yang beda adalah besi rangkanya terliat sedikit muda memprosesnya di pabrik dan kandungan bajanya juga lebih dikurangi. Ini mengingat sepeda buatan India lebih murah harganya.

**Merek sepeda dari negara jerman: union,dkw,NSU,BMW,solingen,imperia,whell,neander,victoria,griztner,durkopp,pluto,opel,mars.dll. *Beberapa ciri khasnya sepeda german adalah:bentuk sudut batangan konstruksi frame di bawah sadel pengendaranya bisa diamati, jikalu sudut frame sepeda german bentuknya yang paling lebih rebahan ke belakang dibandingkan dengan sepeda dari negara England/Inggris/Belanda....Dan sudut rake di fork roda depan terliat lebih menjulur maju ke depan, sehingga posisi pengendaranya akan terasa lebih nyantai,bahkan istilahnya malah bisa dibilang terlalu rebah sehingga akan terliat lebih pendek tapi panjang, ya itulah cirikhas sepeda buatan German ini. Dan pada bagian depan di hub komsteer biasanya tempat gotri atau wadah bola pelurunya terliat bulat-membulat .


Selain itu bentuk kepala fork depannya juga terliat bentuk yang membulat-bulat dengan luwesnya. Hal ini nampak beda dengan fork depan sepeda buatan belanda yang cenderung kotak kaku bulat/silinder.
Dari sisi pengendalian sepeda buatan jerman akan lebih mudah dikendarai oleh para ontelis yang bertubuh pendek.

**Merek sepeda dari Indonesia/lokal:atlas,dragon,banteng,garuda,ada juga sepeda Raleigh lokal yang mirip dengan sepeda Raleigh Notingham England namanya disini adalah Raleich/Raleigh Superior Quality. Jikalu ditanya kenapa banyak ditiru!? Ya jawabnya karena merek raleigh adalah merek sepeda yang populer di pasaran (banyak dibeli konsumen), sehingga banyak ditiru. dll.
Rata-rata bentuk frame sepeda buatan Indonesia mirip dengan sepeda buatan England.Misal Philips yang sering menjadi contoh desainnya karena sepeda philips adalah sepeda yang populer dan banyak dibeli oleh masyarakat sepeda. Rata-rata ukuran ketinggian sepedanya 22 inchi saja.

**Merek sepeda dari USA: harley davidson,cleveland,schwinn,pathfinder,henderson,indian.dll.
*Bentuk frame sepeda buatan USA lebih bervariasi,ada yang berfame dobel juga. Tapi Sepeda buatan USA sulit ditemui di Indonesia. Pathfinder USA


**Merek sepeda dari Cina:Phoenix,seagull,buterrfly,dll. Sepeda ini banyak keluar di tahun 70-80an. Rata-rata bentuk frame sepeda buatan Cina mirip dengan sepeda buatan inggris yang populer. Tapi mengingat sepeda buatan Cina murah harganya biasanya kualitasnya kurang. Sepeda ini masih banyak ditemukan di masyarakat sekarang dan di pasar sepeda kota anda.

**Merek sepeda dari Italia: Bianchi,ducati,benelli,dll.
**Merek sepeda dari Belgia:FN,gillet therstal.dll.
**Merek sepeda dari Cheko:cz,jawa.dll.
**Merek sepeda dari France/perancis:automoto,gnome&rhome,peugeot,rene gillet.dll....
dan masih banyak negara lain yang membuat sepeda juga.

**Rata-rata sepeda antik yang paling banyak ditemui disekitar kita adalah sepeda Buatan Cina (phoenix,seagull) hal ini dikarenakan usianya lebih muda.....dan masih banyak yang belum keropos/rusak parah dimakan usia......lalu sepeda buatan England,jepang,belanda yang masih terliat di jalan dan yang sulit dan langka adalah sepeda buatan german dan negara2 yang lainnya. Ibaratnya bisa liat sepeda antik buatan German mhak seliwer lewat dijalan pasar dipake oleh kakek tua itupun sudah suatu anugerah buat seorang penggemar sepeda onthel heheheh.Walu misalnya jikalu ditawar itu sepeda tuapun juga ndak dikasihkan heheheh.

*Menurut pandangan penulis buat para pecinta onthelis jikalu berburu sepeda: rata-rata sepeda di daerah pantai atau di daerah yang dekat laut (misal:Semarang Bawah dll) /daerah yg banyak mengandung asamnya (biasanya di jalan-jalan datar yang dekat laut/tambak) maka biasanya sepeda tersebut lebih cenderung keropos dimakan karat, hal ini disebabkan kerangka/dalangan/frame sepeda tersebut banyak terkena asam (kena proses kimia dan fisika). Jikalu di daerah hunter/berburu sepeda di daerah yang banyak bukit atau gunungnya misal di daerah Magelang dll, biasanya yang sering parah adalah gearnya/rantainya rata-rata sudah aus mengingat beratnya kayuhan dan banyak diganti (bukan orisinilnya) tapi kalu rangka/Frame rata-rata akan didapati masih wutuh dan tidak begitu keropos.

Sesungguhnya yang penting adalah perawatan dari para onthelis terhadap sepeda kesayangannya! Jikalu kotor yang berlebihan sebaiknya dibersihkan, kena air hujan maka sebaiknya cepat-cepat dibilas memakai air PDAM yang lebih sedikit kandungan asamnya. Sewaktu-waktu perlu dicuci bersih dengan shampoo mobil. Hal ini mengingat lawannya karat yang paling pas adalah dengan terjaganya besi rangka sepeda tsbt dengan menjaga kebersihannya dengan lap,dicuci dengan shampoo/sabun dan diolesi sdkt oli yang encer (misal minyak singer yang lebih ringan dan mudah dioleskan untuk menahan karat harganya pun juga murah)
**Jikalu berburu di desa atau di daerah pertanian bisanya kita akan mendapatkan sepeda yang sudah pernah digunakan untuk mengangkut gabah, rumput, kayu,beras dll. Maka bisa dibayangkan tuh sepedane jadi kayak apa jikalu terkena beban berat. Maka bisa dipastikan sambungan antar braket frame udah pada lepas/copot,bahkan ada juga yang sampai retak-retak dalangan/framenya terkena beban berat.Tapi kalu dari sisi harga bisa dibilang murah.
**jikalu berburu di daerah datar atau perkotaan (misal Yogya kota) bisa dipastikan sepedane biasanya digunakan untuk tranportasi harian dan hanya manusia yang naik heheheh maka bisa dibilang lebih terawat, tapi dari sisi harganya akan lebih melambung!...

Masalah-masalah kerusakan yang sering terjadi di sepeda antik dan tips repairnya
*rata-rata kerusakan ringan sepeda antik adalah remnya, banyak rem sepeda antik yang sudah tidak berfungsi dengan normal sistem remnya. Banyak yang tidak pakem (ngeslong), hal ini dikarenakan banyak yang aus terutama pada bagian lubang kolong jalu handel remnya......
ada juga pegas handel rem yang sudah patah, tapi cara ini mudah isa diatasi dengan cepat. Ini isa diatasi dengan mengetok lubang tersebut dengan palu.
*Baut setelan rem yang aus, ini mudah diganti suku cadangnya krena dipasaran masih banyak yang jual.




lalu ada juga kasus drat/ulir as keroncong yang aus,jiakalu aus maka isa diganti dengan model sepasang mangkokan langsung saja. Sehingga tidak menggunakan hub ulir lg.
-As pantek paha rem sudah gepeng dan tidak bisa dibuka. Isa dibuka-diatasi dengan palu besar dan paku besar /as baja sehingga as pantek tersebut isa didorong keluar.

**kerusakan-kerusakan yang sedang. (bisa dikerjakan oleh tukang las siapapun juga)
**braket T lepas/coplok karena kelebihan beban; isa diatasi dengan sedikit las kuningan dengan blower las ukuran sedang-diusahakan dilas dengan rata dan rapi, jgn dilas listrik karena akn cenderung tidak rapi.
**supit urang longgar/atau megar karena sudah terkena tekanan sekrup as roda berulang-ulang; Isa diatasi dengan api blower las ukuran kecil lalu dirapikan dengan tang besar

Kerusakan yang parah. ( hanya isa dikerjakan oleh orang yang ahli reparasi sepeda)
**Dalangan patah/retak;isa diatasi dengan las kuningan agak banyak atau las listrik ampere kecil...tapi sebaiknya sambungan di shock lalu dilas sekalian dulu di bagian dalamnya dengan pipa yang pas ukuran dan ketebalan yang mirip dengan frame yang akan di las tersebut supaya lebih kuat dan aman.
**Dalangan bengkok tertabrak atau terjatuh keras, sebelumnya dalangan/frame sepeda di ukur kelurusannya dengan benang,garisan-mistar dan waterpas lalu isa disenterkan dengan mesin press atau di luruskan dengan api blower las besar ( ini hanya orang yang ahli saja).
Sebetulnya pada zaman sekarang cukup sulit para onthelis untuk mendapatkan sepeda kebo yang kondisinya utuh atau bagus yang tanpa cacat atau las-lasan. Karena mengingat usia sepeda yang sudah puluhan tahun terkena beban,panas,hujan dll, maka sesungguhnya harap dimaklumi jikalu para onthelis mendapatkan sepeda antik dengan kondisi berkarat,keropos ataupun las-lasan ulang. Yang penting adalah bagaimana kita merawat sepeda tersebut dan merepairnya, bukan menyesali karena ketidak puasan, karena tidak akan berguna.
Untu selanjutnya masih banyak kerusakan lain yang belum sempat dibahas lagi. BERSAMBUNG














1 komentar:

  1. Gan... kalo sepeda merk golden hero dari mana ya? Trims

    BalasHapus